Keberadaan Bank Soal bermanfaat bagi guru Kelas 4 ketika ingin melakukan penilaian pembelajaran di Kelas 4. Setiap kali mengonstruksi tes untuk penilaian, para guru Kelas 4 tinggal mengambil butir-butir soal yang telah ada di Bank Soal Kelas 4. Selain mempermudah penyusunan instrumen tes, Bank Soal Kelas 4 juga menjamin kualitas instrumen yang akan dipakai.
Bank Soal Kelas 4 merupakan sekumpulan butir soal terkalibrasi (teruji), baik secara teori maupun empiris, dan memuat informasi penting. Dengan demikian mudah digunakan dalam penyusunan sebuah instrumen penilaian (tes) di Kelas 4.
Download Bank Soal Kelas 4.
Berikut adalah penampakan Bank Soal Kelas 4 yang dimaksud.
Penjelasan mengenai Bank Soal Kelas 4 dapat Bapak/Ibu simak pada video di bawah ini.
Beberapa hal yang layak dijadikan pertimbangan untuk membangun sebuah Bank Soal Kelas 4 adalah memungkinkan penyusunan sebuah instrumen tes Kelas 4 secara cepat dan mudah; memungkinkan penyusunan sebuah instrumen tes Kelas 4 yang berkualitas karena berasal dari butir-butir soal yang terkalibrasi; memungkinkan pengguna (pendidik) dalam jumlah besar yang dapat menggunakan butir-butir soal dalam bank soal Kelas 4; memungkinkan tersedianya soal dengan beragam tingkat kesukaran; memungkinkan review yang intensif untuk memperbarui butir-butir soal Kelas 4 yang baru; dan (memungkinkan pencarian butir-butir soal Kelas 4 dengan mudah menggunakan berbagai dasar pencarian sesuai keperluan, misalnya berdasarkan topik, kompetensi (SK atau KD), dan tingkat kesukaran soal.
Keberadaan bank soal Kelas 4 sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah guru Kelas 4 ketika ingin melakukan penilaian di Kelas 4. Setiap kali akan mengkonstruksi tes untuk penilaian, para guru Kelas 4 tinggal mengambil butir-buti rsoal yang telah ada di bank soal Kelas 4. Selain mempermudah dalam penyusunan instrumentes, juga menjamin kualitas instrumen yang akan dipakai. Setidaknya ada tiga hal dalam pemanfaatan bank soal.
- Pertama seperti dalam tujuan pembuatan bank soal Kelas 4 yaitu member kemudahan guru Kelas 4 dalam membuat instrument penilaian Kelas 4 yang berkualitas karena dalam bank soal Kelas 4 sudah disertai informasi penting yang terkait dengan bank soal Kelas 4 tersebut.
- Kedua, sebelumnya dalam pemeliharaan bank soal Kelas 4. Dimana bank soal Kelas 4 harus memiliki perencanaan atau aturan yang ketat tentang siapa dapat menggunakannya, kapan, dan untuk tujuan apa. Jangan sampai kemudian bank soal Kelas 4 dipergunakan tanpa tanggungjawab, atau dipergunakan secara sembarangan. Hal ini harus dilakukan agar kebermanfaatan bank soal Kelas 4 terus terjaga.
- Ketiga, karena butir-butir soal dalam bank soal Kelas 4 sudah baik atau sudah terjamin kualitasnya, maka guru Kelas 4 bukan lagi terfokus pada soal, melainkan pada pemilihan butir soal itu sendiri. Kompeten siapa yang menjadi tujuan penilaian guru Kelas 4 tersebut? Merupakan pertanyaan utama dalam memilih butir-butir dalam bank soal Kelas 4. Pemilihan butir soal yang sesuai dengan kisi-kisi dan indikator yang diinginkan guru Kelas 4 menjadi hal yang krusial dalam memanfaatkan butir-butir dalam bank soal Kelas 4.
Post a Comment
Post a Comment