Keberadaan Bank Soal bermanfaat bagi guru Pendidikan Agama Islam ketika ingin melakukan penilaian pembelajaran di Pendidikan Agama Islam. Setiap kali mengonstruksi tes untuk penilaian, para guru Pendidikan Agama Islam tinggal mengambil butir-butir soal yang telah ada di Bank Soal Pendidikan Agama Islam. Selain mempermudah penyusunan instrumen tes, Bank Soal Pendidikan Agama Islam juga menjamin kualitas instrumen yang akan dipakai.
Bank Soal Pendidikan Agama Islam merupakan sekumpulan butir soal terkalibrasi (teruji), baik secara teori maupun empiris, dan memuat informasi penting. Dengan demikian mudah digunakan dalam penyusunan sebuah instrumen penilaian (tes) di Pendidikan Agama Islam.
Download Soal Penilaian Harian PAI
Download Soal Penilaian Tengah Semester PAI
Download Soal Penilaian Akhir Semester PAI
Berikut adalah penampakan Bank Soal Pendidikan Agama Islam yang dimaksud.
Penjelasan mengenai Bank Soal Pendidikan Agama Islam dapat Bapak/Ibu simak pada video di bawah ini.
Beberapa hal yang layak dijadikan pertimbangan untuk membangun sebuah Bank Soal Pendidikan Agama Islam adalah memungkinkan penyusunan sebuah instrumen tes Pendidikan Agama Islam secara cepat dan mudah; memungkinkan penyusunan sebuah instrumen tes Pendidikan Agama Islam yang berkualitas karena berasal dari butir-butir soal yang terkalibrasi; memungkinkan pengguna (pendidik) dalam jumlah besar yang dapat menggunakan butir-butir soal dalam bank soal Pendidikan Agama Islam; memungkinkan tersedianya soal dengan beragam tingkat kesukaran; memungkinkan review yang intensif untuk memperbarui butir-butir soal Pendidikan Agama Islam yang baru; dan (memungkinkan pencarian butir-butir soal Pendidikan Agama Islam dengan mudah menggunakan berbagai dasar pencarian sesuai keperluan, misalnya berdasarkan topik, kompetensi (SK atau KD), dan tingkat kesukaran soal.
Keberadaan bank soal Pendidikan Agama Islam sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah guru Pendidikan Agama Islam ketika ingin melakukan penilaian di Pendidikan Agama Islam. Setiap kali akan mengkonstruksi tes untuk penilaian, para guru Pendidikan Agama Islam tinggal mengambil butir-buti rsoal yang telah ada di bank soal Pendidikan Agama Islam. Selain mempermudah dalam penyusunan instrumentes, juga menjamin kualitas instrumen yang akan dipakai. Setidaknya ada tiga hal dalam pemanfaatan bank soal.
- Pertama seperti dalam tujuan pembuatan bank soal Pendidikan Agama Islam yaitu member kemudahan guru Pendidikan Agama Islam dalam membuat instrument penilaian Pendidikan Agama Islam yang berkualitas karena dalam bank soal Pendidikan Agama Islam sudah disertai informasi penting yang terkait dengan bank soal Pendidikan Agama Islam tersebut.
- Kedua, sebelumnya dalam pemeliharaan bank soal Pendidikan Agama Islam. Dimana bank soal Pendidikan Agama Islam harus memiliki perencanaan atau aturan yang ketat tentang siapa dapat menggunakannya, kapan, dan untuk tujuan apa. Jangan sampai kemudian bank soal Pendidikan Agama Islam dipergunakan tanpa tanggungjawab, atau dipergunakan secara sembarangan. Hal ini harus dilakukan agar kebermanfaatan bank soal Pendidikan Agama Islam terus terjaga.
- Ketiga, karena butir-butir soal dalam bank soal Pendidikan Agama Islam sudah baik atau sudah terjamin kualitasnya, maka guru Pendidikan Agama Islam bukan lagi terfokus pada soal, melainkan pada pemilihan butir soal itu sendiri. Kompeten siapa yang menjadi tujuan penilaian guru Pendidikan Agama Islam tersebut? Merupakan pertanyaan utama dalam memilih butir-butir dalam bank soal Pendidikan Agama Islam. Pemilihan butir soal yang sesuai dengan kisi-kisi dan indikator yang diinginkan guru Pendidikan Agama Islam menjadi hal yang krusial dalam memanfaatkan butir-butir dalam bank soal Pendidikan Agama Islam.
Post a Comment
Post a Comment