Pelajaran di Kelas 1 nyatanya sering sekali dikatakan sulit oleh peserta didik Kelas 1 karena tampak membosankan dan sulit dicerna disebabkan banyaknya materi yang mulai menjadi abstrak sebelum konkrit. Sehingga guru Kelas 1 pada akhirnya harus berusaha dalam memberi penyampaian yang efektif sehingga dapat dicerna dengan mudah oleh peserta didik Kelas 1.
Seiring dengan berbagai kemajuan dalam teknologi, maka tentu saja berbagai media pembelajaran telah diciptakan, informasi dan komunikasi saling bersaing untuk mendapatkan perhatian dan dampak pada semua kalangan mulai dari komunitas, institusi pendidikan sampai pada individu dalam segala aktivitas kehidupan, metode belajar, gaya hidup maupun cara berpikir. Kemajuan dalam teknologi pendidikan memberikan berbagai kemudahan bagi semua orang diantaranya dalam dunia pendidikan, khususnya di Kelas 1 untuk mengembangkan dan meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia mulai dari jenjang sekolah dasar.
Berdasarkan kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan, media mengajar Bupena dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang akan menjadi daya tarik dalam dunia pendidikan di Kelas 1. Penggunaan suatu media Bupena dalam proses pembelajaran Kelas 1 ini akan dapat membantu kelancaran, efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran. Perkembangan media pendidikan telah berlangsung secara sangat cepat, dan membentuk budaya baru secara signifikan dalam proses pembelajaran di Kelas 1. Budaya baru ini, langsung atau tidak langsung tentu saja nantinya akan mempengaruhi peserta didik Kelas 1 mengikuti proses pembelajaran.
Download Lembar Portofolio Bupena Kelas 1 Semester 1
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 1 Tema 1
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 1 Tema 2
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 1 Tema 3
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 1 Tema 4
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 1 Tema 5
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 1 Tema 6
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 1 Tema 7
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 1 Tema 8
Motivasi peserta didik Kelas 1 dalam belajar berbeda-beda, tidak semua peserta didik Kelas 1 tertarik pada pelajaran khusunya pada mata pelajaran yang dikenal sulit sekali untuk diapahami. Maka Supaya peserta didik Kelas 1 dapat tertarik pada suatu materi harus didukung oleh guru Kelas 1 dalam sebuah penyampaian materi yang menarik, sehingga keberhasilan belajar akan tercapai dengan mudah. Salah satu cara agar pembelajaran menarik yaitu dengan menggunakan media Bupena. Penggunaan media Bupena pada proses pembelajaran itu sangat penting karena fungsi media dalam kegiatan tersebut, selain sebagai penyaji stimulus informasi, sikap, dan lain-lain, juga untuk meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi.
Dalam hal tertentu, media Bupena ini juga berfungsi untuk mengatur berbagai langkah-langkah kemajuan serta untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik Kelas 1. Media pembelajaran power ponit, salah satunya adalah media Bupena yang dapat digunakan guru Kelas 1 untuk menyampaikan pembelajaran pada saat ini sangatlah banyak mulai dari media cetak sampai elektronik, di antarnya yaitu menggunakan media Power Point Bupena. Microsoft Office Power Point Bupena merupakan program aplikasi kantor bertipe slide show (lembar kerja yang merupakan kaca objek bergantian dan menarik) berisi materi pembelajaran interaktif yang dapat digunakan untuk mempresentasikan konsep dan argumen yang ingin ditunjukkan pada peserta didik Kelas 1.
Power Point Bupena banyak digunakan karena pengoperasiannya yang mudah, dan semua orang mampu untuk menjalankan Power Point Bupena Kelas 1. Pada Power Point Bupena banyak fitur-fitur yang menarik seperti kemampuan pengolah teks, dapat menyisipkan berbagai macam gambar, audio, animasi, efek yang dapat di atur sesuai selera penggunanya dan sesuai keperluan, sehingga peserta didik Kelas 1 akan tertarik pada apa yang ditampilkan pada Power Point Bupena.
Dalam proses pembelajaran di kelas Kelas 1 kesulitan yang dihadapi guru Kelas 1 yaitu bagaimana caranya untuk dapat memusatkan perhatian siswa Kelas 1 pada setiap proses pembelajaran yang disampaikan di kelas atau secara daring. Seringkali siswa Kelas 1 tidak fokus dan sering teralihkan pada materi yang disampaikan guru Kelas 1 hal ini tentu saja akan menyebabkan muncul rendahnya penguasaan materi pada peserta didik Kelas 1. Hal ini terjadi mungkin disebabkan karena kurang menariknya pembelajaran yang disajikan kepada peserta didik. Sehingga perlu adanya tindakan agar pembelajaran dikelas lebih efektif, maka harus dilakukan pengukuran atau penilaian untuk mengungkapkan seberapa efektifkah pada saat pembelajaran dikelas.
Post a Comment
Post a Comment