Pelajaran di Kelas 4 sering sekali dikatakan sulit oleh peserta didik Kelas 4 karena membosankan dan sulit dicerna karena banyaknya materi yang abstrak. Sehingga guru Kelas 4 harus berusaha memberi penyampaian yang efektif sehingga dapat dicerna dengan mudah oleh peserta didik Kelas 4.
Seiring dengan kemajuan teknologi berbagai media pembelajaran diciptakan, informasi dan komunikasi saling bersaing untuk mendapatkan perhatian dan dampak pada semua kalangan mulai dari komunitas, institusi pendidikan sampai pada individu dalam segala aktivitas kehidupan, metode belajar, gaya hidup maupun cara berpikir. Kemajuan teknologi memberikan berbagai kemudahan diantaranya dalam dunia pendidikan, khususnya di Kelas 4 untuk mengembangkan dan meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia mulai dari jenjang sekolah dasar.
Berdasarkan kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan, media mengajar Bupena dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang akan menjadi daya tarik dalam dunia pendidikan di Kelas 4. Penggunaan media pembelajaran Bupena dalam proses pembelajaran Kelas 4 dapat membantu kelancaran pembelajaran, efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Perkembangan media pendidikan ini telah berlangsung secara sangat cepat dan tanpa batas, dan membentuk budaya baru dalam pendidikan secara signifikan dalam proses pembelajaran di Kelas 4. Budaya baru ini, tentu saja langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi peserta didik Kelas 4 mengikuti proses pembelajaran yang sedang dilaksanakan.
Download Lembar Portofolio Bupena Kelas 4 Semester 1
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 4 Tema 1
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 4 Tema 2
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 4 Tema 3
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 4 Tema 4
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 4 Tema 5
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 4 Tema 6
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 4 Tema 7
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 4 Tema 8
Download Media Pembelajaran Bupena Kelas 4 Tema 9
Motivasi peserta didik Kelas 4 dalam belajar berbeda-beda dan selalu berubah-rubah, tidak semua peserta didik Kelas 4 tertarik pada pelajaran yang disajikan oleh guru khusunya pada mata pelajaran yang dikenal sulit sekali untuk diapahami laykanya matematika. Maka, supaya peserta didik Kelas 4 dapat tertarik dan berminat pada suatu materi, maka harus didukung oleh guru Kelas 4 dalam sebuah penyampaian materi yang menarik, sehingga keberhasilan belajar akan tercapai dengan mudah. Salah satu cara agar pembelajaran menarik yaitu dengan menggunakan media Bupena. Penggunaan media Bupena pada proses pembelajaran itu menjadi penting karena fungsi media dalam kegiatan tersebut, selain sebagai penyaji stimulus informasi, sikap, dan lain-lain, juga untuk meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi.
Dalam hal tertentu media Bupena juga dapat berfungsi untuk mengatur langkah-langkah kemajuan serta untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik Kelas 4. Media pembelajaran Bupena yang dapat digunakan guru Kelas 4 untuk dan dalam menyampaikan pembelajaran pada saat ini sangatlah banyak dan bervariasi, mulai dari media cetak sampai elektronik, di antaranya yaitu menggunakan media pembelajaran berbasis Power Point, yaitu Bupena. Microsoft Office Power Point Bupena merupakan program aplikasi kantor bertipe slide show (lembar kerja yang merupakan kaca objek bergantian) berisi materi pembelajaran interaktif yang digunakan untuk mempresentasikan konsep dan argumen yang ingin ditunjukkan pada peserta didik Kelas 4.
Power Point Bupena banyak digunakan karena pengoperasiannya yang mudah dan menarik, dan semua orang mampu untuk menjalankan Power Point Bupena Kelas 4. Pada Power Point Bupena banyak fitur-fitur yang menarik seperti kemampuan pengolah teks, dapat menyisipkan gambar, audio, animasi, efek yang dapat di atur sesuai selera penggunanya, sehingga peserta didik Kelas 4 akan tertarik pada apa yang ditampilkan pada Power Point Bupena.
Dalam proses pembelajaran di Kelas 4 berbagai kesulitan yang dihadapi guru Kelas 4 yaitu memusatkan perhatian siswa Kelas 4 pada setiap proses pembelajaran yang disampaikan. Seringkali siswa Kelas 4 dalam pembelajaran tidak fokus pada materi yang disampaikan guru Kelas 4, hal ini akan menyebabkan rendahnya penguasaan materi pada peserta didik Kelas 4. Hal ini terjadi mungkin karena kurang menariknya pembelajaran yang disajikan oleh guru kepada peserta didik. Sehingga perlu adanya tindakan agar pembelajaran dikelas lebih efektif, maka harus dilakukan pengukuran atau penilaian untuk mengungkapkan seberapa efektifkah pada saat pembelajaran dikelas.
Post a Comment
Post a Comment