-->

Modul Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam

Post a Comment

Bapak/Ibu Guru Pendidikan Agama Islam tentu paham betul mengenai pengertian Modul pembelajaran daring yang menjadi panduan dalam mengajar di Pendidikan Agama Islam. Definisi dari Modul pembelajaran daring pembelajaran Pendidikan Agama Islam sendiri cukup beragam, karena setiap ahli memberikan definisi tersendiri.



Modul pembelajaran daring pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah ringkasan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diberikan kepada siswa Pendidikan Agama Islam untuk dipelajari secara mandiri. Berikut informasi lengkap mengenai pengertian Modul pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam tersebut. Dalam kegiatan mengajar, guru Pendidikan Agama Islam memiliki banyak pilihan media mengajar. Media ini sebagai alat bantu bagi para pengajar untuk bisa menyampaikan materi dengan baik dan benar. Yakni runtut, mudah dipahami, dan juga disampaikan sejelas-jelasnya.

Download Modul Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Semester 1 Kota Cimahi.

Download Modul Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Kelas 2 Semester 1 Kota Cimahi. 

Download Modul Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Kelas 3 Semester 1 Kota Cimahi. 

Download Modul Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Semester 1 Kota Cimahi.  

Download Modul Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Semester 1 Kota Cimahi.

Download Modul Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Kelas 6 Semester 1 Kota Cimahi.

Berikut adalah penampakan Modul pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam yang dimaksud.

Penjelasan mengenai  Modul pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam dapat Bapak/Ibu disimak pada video di bawah ini.

Salah satu media mengajar yang umum digunakan oleh para pengajar, khususnya guru Pendidikan Agama Islam adalah Modul pembelajaran daring pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun pengertian Modul pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam secara sederhana diartikan sebagai salah satu bentuk sumber mengajar di Pendidikan Agama Islam.

Modul pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam disusun oleh sebuah kelompok maupun individu pembelajaran, yang kemudian disusun dengan sistematika yang rapi. Selanjutnya akan dicetak, hasil cetakan ini kemudian dijadikan pegangan guru Pendidikan Agama Islam sekaligus kepada para siswa Pendidikan Agama Islam.

Keberadan Modul pembelajaran daring pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini kemudian memungkinkan seisi Pendidikan Agama Islam  untuk tetap dapat belajar. Sekalipun guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di Pendidikan Agama Islam tersebut tidak dapat mengisi karena satu dan lain hal. Sehingga kegiatan pembelajaran di Pendidikan Agama Islam  tetap bisa berjalan.

Modul pembelajaran daring pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bentuk bahan ajar yang kemudian memiliki empat fungsi. Fungsi tersebut adalah:

  • Pengganti dari Guru Pendidikan Agama Islam. Fungsi pertama yang dimiliki oleh Modul pembelajaran daring pembelajaran adalah menjadi pengganti dari guru Pendidikan Agama Islam. Sementara itu, fungsi guru Pendidikan Agama Islam di dalam kelas adalah menyampaikan materi pembelajaran dengan baik agar mudah dipahami para siswa Pendidikan Agama Islam.  Artinya, Modul pembelajaran daring pendidikan sebaiknya mampu menggantikan peran tersebut dengan baik. Isinya pun sebaiknya memaparkan materi dengan lengkap, jelas, terstruktur, dan tentunya mudah untuk dibaca dan dipahami oleh siswa Pendidikan Agama Islam yang belajar secara mandiri.
  • Bahan Ajar Mandiri. Fungsi kedua dari Modul pembelajaran daring pembelajaran berdasarkan penjelasan mengenai pengertian Modul pembelajaran daring pembelajaran di atas adalah menjadi bahan ajar mandiri di Pendidikan Agama Islam. Materi yang ditulis dengan jelas di dalam Modul pembelajaran daring menjadi bekal para siswa Pendidikan Agama Islam untuk belajar.  Sehingga siswa Pendidikan Agama Islam tidak lagi bergantung pada guru Pendidikan Agama Islam untuk bisa mendapatkan penjelasan yang detail dari sebuah materi pembelajaran. Hal ini membantu para siswa Pendidikan Agama Islam untuk belajar mandiri, yang menariknya justru mendorong kreativitas mereka.  Diharapkan Modul pembelajaran daring pembelajaran mampu memberikan fungsi ini agar semakin banyak siswa Pendidikan Agama Islam bisa belajar mandiri. Supaya bisa lebih kreatif dan meringankan beban kerja pengajar untuk bisa fokus menjadi guruan profesional dan berkualitas.
  • Menjadi Alat Evaluasi. Modul pembelajaran daring pada dasarnya tidak hanya berisi materi pembelajaran yang sangat mungkin dipelajari secara mandiri oleh para siswa Pendidikan Agama Islam yang menerimanya. Namun juga berfungsi sebagai media untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Sehingga dengan Modul pembelajaran daring pembelajaran tersebut, masing-masing siswa Pendidikan Agama Islam bisa memahami kemampuannya sudah ada peningkatan atau belum. Bisa juga mengetahui adakah penurunan pemahaman materi, yang tentu perlu diatasi dengan segera.
  • Menjadi Bahan Rujukan. Isi dari Modul pembelajaran daring pembelajaran sesuai penjelasan pengertian Modul pembelajaran daring di atas juga membuatnya punya fungsi sebagai bahan rujukan. Dikatakan demikian karena di dalam Modul pembelajaran daring pembelajaran akan dijumpai penjelasan dan keterangan-keterangan tambahan.


Penyusunan Modul pembelajaran daring pembelajaran Pendidikan Agama Islam memang sebaiknya mengikuti pengertian Modul pembelajaran daring pembelajaran Pendidikan Agama Islam  itu sendiri. Sehingga bisa memenuhi berbagai karakteristik yang merupakan ciri khas dari Modul pembelajaran daring pembelajaran tersebut.

Hal ini kemudian berimbas pada fungsi Modul pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam pembelajaran yang bisa terpenuhi dengan baik. Sehingga mendorong kegiatan belajar mandiri di kalangans siwa Pendidikan Agama Islam, dan menurunkan tingkat ketergantungan mereka pada kehadiran guru Pendidikan Agama Islam di dalam kelas.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter