Bapak/Ibu Guru PJOK tentu paham betul mengenai pengertian Modul pembelajaran daring yang menjadi panduan dalam mengajar di PJOK. Definisi dari Modul pembelajaran daring pembelajaran PJOK sendiri cukup beragam, karena setiap ahli memberikan definisi tersendiri.
Modul pembelajaran daring pembelajaran PJOK merupakan sebuah ringkasan materi pembelajaran PJOK yang diberikan kepada siswa PJOK untuk dipelajari secara mandiri. Berikut informasi lengkap mengenai pengertian Modul pembelajaran daring PJOK tersebut. Dalam kegiatan mengajar, guru PJOK memiliki banyak pilihan media mengajar. Media ini sebagai alat bantu bagi para pengajar untuk bisa menyampaikan materi dengan baik dan benar. Yakni runtut, mudah dipahami, dan juga disampaikan sejelas-jelasnya.
Download Modul pembelajaran daring PJOK Lengkap
Berikut adalah penampakan Modul pembelajaran daring PJOK yang dimaksud.
Penjelasan mengenai Modul pembelajaran daring PJOK dapat Bapak/Ibu disimak pada video di bawah ini.
Salah satu media mengajar yang umum digunakan oleh para pengajar, khususnya guru PJOK adalah Modul pembelajaran daring pembelajaran PJOK. Adapun pengertian Modul pembelajaran daring PJOK secara sederhana diartikan sebagai salah satu bentuk sumber mengajar di PJOK.
Modul pembelajaran daring PJOK disusun oleh sebuah kelompok maupun individu pembelajaran, yang kemudian disusun dengan sistematika yang rapi. Selanjutnya akan dicetak, hasil cetakan ini kemudian dijadikan pegangan guru PJOK sekaligus kepada para siswa PJOK.
Keberadan Modul pembelajaran daring pembelajaran PJOK ini kemudian memungkinkan seisi PJOK untuk tetap dapat belajar. Sekalipun guru PJOK yang mengajar di PJOK tersebut tidak dapat mengisi karena satu dan lain hal. Sehingga kegiatan pembelajaran di PJOK tetap bisa berjalan.
Modul pembelajaran daring pembelajaran PJOK sebagai salah satu bentuk bahan ajar yang kemudian memiliki empat fungsi. Fungsi tersebut adalah:
- Pengganti dari Guru PJOK. Fungsi pertama yang dimiliki oleh Modul pembelajaran daring pembelajaran adalah menjadi pengganti dari guru PJOK. Sementara itu, fungsi guru PJOK di dalam kelas adalah menyampaikan materi pembelajaran dengan baik agar mudah dipahami para siswa PJOK. Artinya, Modul pembelajaran daring pendidikan sebaiknya mampu menggantikan peran tersebut dengan baik. Isinya pun sebaiknya memaparkan materi dengan lengkap, jelas, terstruktur, dan tentunya mudah untuk dibaca dan dipahami oleh siswa PJOK yang belajar secara mandiri.
- Bahan Ajar Mandiri. Fungsi kedua dari Modul pembelajaran daring pembelajaran berdasarkan penjelasan mengenai pengertian Modul pembelajaran daring pembelajaran di atas adalah menjadi bahan ajar mandiri di PJOK. Materi yang ditulis dengan jelas di dalam Modul pembelajaran daring menjadi bekal para siswa PJOK untuk belajar. Sehingga siswa PJOK tidak lagi bergantung pada guru PJOK untuk bisa mendapatkan penjelasan yang detail dari sebuah materi pembelajaran. Hal ini membantu para siswa PJOK untuk belajar mandiri, yang menariknya justru mendorong kreativitas mereka. Diharapkan Modul pembelajaran daring pembelajaran mampu memberikan fungsi ini agar semakin banyak siswa PJOK bisa belajar mandiri. Supaya bisa lebih kreatif dan meringankan beban kerja pengajar untuk bisa fokus menjadi guruan profesional dan berkualitas.
- Menjadi Alat Evaluasi. Modul pembelajaran daring pada dasarnya tidak hanya berisi materi pembelajaran yang sangat mungkin dipelajari secara mandiri oleh para siswa PJOK yang menerimanya. Namun juga berfungsi sebagai media untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Sehingga dengan Modul pembelajaran daring pembelajaran tersebut, masing-masing siswa PJOK bisa memahami kemampuannya sudah ada peningkatan atau belum. Bisa juga mengetahui adakah penurunan pemahaman materi, yang tentu perlu diatasi dengan segera.
- Menjadi Bahan Rujukan. Isi dari Modul pembelajaran daring pembelajaran sesuai penjelasan pengertian Modul pembelajaran daring di atas juga membuatnya punya fungsi sebagai bahan rujukan. Dikatakan demikian karena di dalam Modul pembelajaran daring pembelajaran akan dijumpai penjelasan dan keterangan-keterangan tambahan.
Penyusunan Modul pembelajaran daring pembelajaran PJOK memang sebaiknya mengikuti pengertian Modul pembelajaran daring pembelajaran PJOK itu sendiri. Sehingga bisa memenuhi berbagai karakteristik yang merupakan ciri khas dari Modul pembelajaran daring pembelajaran tersebut.
Hal ini kemudian berimbas pada fungsi Modul pembelajaran daring PJOK pembelajaran yang bisa terpenuhi dengan baik. Sehingga mendorong kegiatan belajar mandiri di kalangans siwa PJOK, dan menurunkan tingkat ketergantungan mereka pada kehadiran guru PJOK di dalam kelas.
Post a Comment
Post a Comment