Bapak/Ibu tentunya pernah melakukan penilaian harian di Pendidikan Agama Islam. Penilaian harian Pendidikan Agama Islam adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik bagi peserta didik Pendidikan Agama Islam untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik Pendidikan Agama Islam setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. Selain itu penilaian harian Pendidikan Agama Islam adalah bagian dari evaluasi yang merupakan suatu proses yang mencakup pengukuran dan mungkin juga testing, yang berisi pengambilan keputusan tentang suatu nilai di Pendidikan Agama Islam.
Penilaian harian Pendidikan Agama Islam ini dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan tujuan mengetahui deskripsi kemampuan belajar peserta didik Pendidikan Agama Islam selama paling tidak satu KD, untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang telah dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam kurun waktu tertentu, untuk menentukan tindak lanjut hasil penilaian pada pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan memberikan pertanggung jawaban dari tiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Pendidikan Agama Islam.
Download Penilaian Harian PAI Kelas 1
Download Penilaian Harian PAI Kelas 2
Download Penilaian Harian PAI Kelas 3
Download Penilaian Harian PAI Kelas 4
Download Penilaian Harian PAI Kelas 5
Download Penilaian Harian PAI Kelas 6
Berikut adalah penampakan Penilaian harian Pendidikan Agama Islam yang dimaksud.
Penjelasan mengenai Penilaian harian Pendidikan Agama Islam dapat Bapak/Ibu disimak pada video di bawah ini.
Penilaian harian Pendidikan Agama Islam adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik Pendidikan Agama Islam setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. Bentuk penilaiannya berupa tes, non tes atau gabungan tes dan non tes. Hasil dari penilaian harian Pendidikan Agama Islam menjadi Nilai Harian (NH) Pendidikan Agama Islam. Prosedur penilaian penilaian harian Pendidikan Agama Islam dilakukan secara terus menerus pada proses pembelajaran di Pendidikan Agama Islam untuk melihat kemajuan kompetensi peserta didik Pendidikan Agama Islam. Dalam proses pembelajaran nilai harian Pendidikan Agama Islam ditentukan berdasarkan nilai tes kompetensi (dalam kelas biasa jika suatu guru menyebut dengan istilah “ulangan”) dan nilai tugas harian yang diambila dari nilai non tes berupa PR, tugas mandiri, pengamatan, portofolio dll.
Dalam rangka penilaian hasil belajar dalam bentuk laporan setiap akhir semester bagi peserta didik Pendidikan Agama Islam berbentuk rapor, penilaian Pendidikan Agama Islam dilakukan melalui penilaian harian Pendidikan Agama Islam sebagai pendeteksi dan evaluasi tahap awal dalam pelaksanaan proses belajar mengajar yang biasa dilakukan minimal setiap menyelesaikan satu KD, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester.
Penilaian harian Pendidikan Agama Islam ini dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik Pendidikan Agama Islam terhadap materi-materi yang diajarkan, memperbaiki proses pembelajaran yang tidak tepat sasaran, mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik Pendidikan Agama Islam, dan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar peserta didik Pendidikan Agama Islam.
Setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran, juga melakukan penilaian hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien di Pendidikan Agama Islam.
Post a Comment
Post a Comment