Bapak/Ibu tentunya pernah melakukan penilaian harian di PJOK. Penilaian harian PJOK adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik bagi peserta didik PJOK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik PJOK setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. Selain itu penilaian harian PJOK adalah bagian dari evaluasi yang merupakan suatu proses yang mencakup pengukuran dan mungkin juga testing, yang berisi pengambilan keputusan tentang suatu nilai di PJOK.
Penilaian harian PJOK ini dilaksanakan oleh guru PJOK dengan tujuan mengetahui deskripsi kemampuan belajar peserta didik PJOK selama paling tidak satu KD, untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang telah dilakukan guru PJOK dalam kurun waktu tertentu, untuk menentukan tindak lanjut hasil penilaian pada pelaksanaan pembelajaran PJOK dan memberikan pertanggung jawaban dari tiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan di PJOK.
Download Penilaian harian PJOK Kelas 1 Tema 1
Berikut adalah penampakan Penilaian harian PJOK yang dimaksud.
Penjelasan mengenai Penilaian harian PJOK dapat Bapak/Ibu disimak pada video di bawah ini.
Penilaian harian PJOK adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik PJOK setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. Bentuk penilaiannya berupa tes, non tes atau gabungan tes dan non tes. Hasil dari penilaian harian PJOK menjadi Nilai Harian (NH) PJOK. Prosedur penilaian penilaian harian PJOK dilakukan secara terus menerus pada proses pembelajaran di PJOK untuk melihat kemajuan kompetensi peserta didik PJOK. Dalam proses pembelajaran nilai harian PJOK ditentukan berdasarkan nilai tes kompetensi (dalam kelas biasa jika suatu guru menyebut dengan istilah “ulangan”) dan nilai tugas harian yang diambila dari nilai non tes berupa PR, tugas mandiri, pengamatan, portofolio dll.
Dalam rangka penilaian hasil belajar dalam bentuk laporan setiap akhir semester bagi peserta didik PJOK berbentuk rapor, penilaian PJOK dilakukan melalui penilaian harian PJOK sebagai pendeteksi dan evaluasi tahap awal dalam pelaksanaan proses belajar mengajar yang biasa dilakukan minimal setiap menyelesaikan satu KD, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester.
Penilaian harian PJOK ini dilakukan oleh guru PJOK untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik PJOK terhadap materi-materi yang diajarkan, memperbaiki proses pembelajaran yang tidak tepat sasaran, mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik PJOK, dan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar peserta didik PJOK.
Setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran, juga melakukan penilaian hasil pembelajaran PJOK sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien di PJOK.
Post a Comment
Post a Comment