-->

Program Evaluasi Kelas 4

Post a Comment

Evaluasi Kelas 4 merupakan proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, menginterpretasikan, dan menyajikan informasi tentang suatu program di Kelas 4 untuk dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan, menyusun kebijakan maupun menyusun program berikutnya di Kelas 4.



Kegunaan Evaluasi Program Pembelajaran Kelas 4, yaitu:

  • Mengomunikasikan Program kepada orangtua siswa Kelas 4,
  • Menyediakan informasi bagi pembuat keputusan
  • Penyempurnaan program yang ada di Kelas 4
  • Meningkatkan Partisipasi siswa Kelas 4


Download Program Evaluasi Kelas IV Semester 1 Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Download Program Evaluasi Kelas IV Semester 1 Tema 2 Selalu Berhemat Energi
Download Program Evaluasi Kelas IV Semester 1 Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup
Download Program Evaluasi Kelas IV Semester 1 Tema 4 Berbagai pekerjaan
Download Program Evaluasi Kelas IV Semester 1 Tema 5 Pahlawanku

Download Program Evaluasi Kelas IV Semester 2 Tema 6 Cita-citaku
Download Program Evaluasi Kelas IV Semester 2 Tema 7 Indahnya Keragaman
Download Program Evaluasi Kelas IV Semester 2 Tema 8 Pahlawanku
Download Program Evaluasi Kelas IV Semester 2 Tema 9 Kayanya Negeriku

Berikut adalah penampakan Program Evaluasi Kelas 4 yang dimaksud.

Penjelasan mengenai Program Evaluasi Kelas 4 dapat Bapak/Ibu disimak pada video di bawah ini.

Objek Evaluasi Program Pembelajaran Kelas 4  dikaji dari tiga hal yaitu evaluasi masukan pembelajaran Kelas 4 yang menekankan pada penilaian karakteristik siswa Kelas 4, keadaan, dan sarana prasaran pembelajaran serta hal lainnya yang menyangkut tentang  pembelajaran. Evaluasi proses pembelajaran Kelas 4 menekan pada cara mengajar guru Kelas 4, media dalam pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sebagainya. Penilaian hasil pemebelajaran  Kelas 4  untuk mengukur hasil belajar siswa Kelas 4  dengan menggunakan tes maupun nontes. Lalu ada dua aspek yang mencakupnya yaitu, aspek marjinal tentang implementasi pembelajaran di Kelas 4 dan aspek subtansial tentang hasil belajar siswa di Kelas 4.

Dalam evaluasi Proses Pembelajaran Kelas 4 terdapat sasaran yang berupa pelaksanaan dan pengolahan pembelajaran lalu tahap pelaksanaan evaluasi (untuk menentukan tujuan dari proses pembelajaran Kelas 4 dan strateginya, menentukan desain evaluasi Kelas 4 yang mencakup rencana evaluasi, penyusunan instrumen penilaian untuk memperoleh data siswa  Kelas 4 dengan menggunakan kuisioner ataupun lembar pengamatan, pengumpulan data (ini agar dapat mengetahui tentang hasil pembelajaran Kelas 4  yang biasanya dilaksanakan setiap akhir pelaksanaan pembelajaran), analisis dan interprestasi (ini hasil dari evaluasi proses pembelajaran Kelas 4), interprestasi penafsiran (hasil analisis proses pembelajaran Kelas 4), dan tindak lanjut (ini merupakan kegiatan menindaklanjuti hasil analisis dan interprestasi agar meningkatkan mutu pembelajaran di Kelas 4).

Evaluator dalam Program Pembelajaran Kelas 4 ada dua macam yaitu evaluator dari dalam dan evaluator dari luar, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Evaluator dari dalam mempunyai kelebihan memahami betul program Kelas 4 yang akan dievaluasi dan tepat pada sasaran, sedangkan kekurangannya jika pelaksanaannya terburu-buru akan mendapatkan hasil yang tidak sempurna. Evaluator dari luar merupakan orang yang tidak terkait dari implementasi program Kelas 4 yang memiliki kelebihan, dapat bertindak secara efektif selama evaluasi di Kelas 4 dan mengambil kesimpulan sedangkan kekurangannya, orang yang dari luar Kelas 4 tersebut belum memahami tentang program pembelajaran Kelas 4 yang akan dievaluasi sehingga terjadi pemborosan waktu dan biaya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter