-->

Program Evaluasi PJOK

Post a Comment

Evaluasi PJOK merupakan proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, menginterpretasikan, dan menyajikan informasi tentang suatu program di PJOK untuk dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan, menyusun kebijakan maupun menyusun program berikutnya di PJOK.



Kegunaan Evaluasi Program Pembelajaran PJOK, yaitu:

  • Mengomunikasikan Program kepada orangtua siswa PJOK,
  • Menyediakan informasi bagi pembuat keputusan
  • Penyempurnaan program yang ada di PJOK
  • Meningkatkan Partisipasi siswa PJOK


Download Program Evaluasi PJOK.

Berikut adalah penampakan Program Evaluasi PJOK yang dimaksud.

Penjelasan mengenai Program Evaluasi PJOK dapat Bapak/Ibu disimak pada video di bawah ini.

Objek Evaluasi Program Pembelajaran PJOK  dikaji dari tiga hal yaitu evaluasi masukan pembelajaran PJOK yang menekankan pada penilaian karakteristik siswa PJOK, keadaan, dan sarana prasaran pembelajaran serta hal lainnya yang menyangkut tentang  pembelajaran. Evaluasi proses pembelajaran PJOK menekan pada cara mengajar guru PJOK, media dalam pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sebagainya. Penilaian hasil pemebelajaran  PJOK  untuk mengukur hasil belajar siswa PJOK  dengan menggunakan tes maupun nontes. Lalu ada dua aspek yang mencakupnya yaitu, aspek marjinal tentang implementasi pembelajaran di PJOK dan aspek subtansial tentang hasil belajar siswa di PJOK.

Dalam evaluasi Proses Pembelajaran PJOK terdapat sasaran yang berupa pelaksanaan dan pengolahan pembelajaran lalu tahap pelaksanaan evaluasi (untuk menentukan tujuan dari proses pembelajaran PJOK dan strateginya, menentukan desain evaluasi PJOK yang mencakup rencana evaluasi, penyusunan instrumen penilaian untuk memperoleh data siswa  PJOK dengan menggunakan kuisioner ataupun lembar pengamatan, pengumpulan data (ini agar dapat mengetahui tentang hasil pembelajaran PJOK  yang biasanya dilaksanakan setiap akhir pelaksanaan pembelajaran), analisis dan interprestasi (ini hasil dari evaluasi proses pembelajaran PJOK), interprestasi penafsiran (hasil analisis proses pembelajaran PJOK), dan tindak lanjut (ini merupakan kegiatan menindaklanjuti hasil analisis dan interprestasi agar meningkatkan mutu pembelajaran di PJOK).

Evaluator dalam Program Pembelajaran PJOK ada dua macam yaitu evaluator dari dalam dan evaluator dari luar, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Evaluator dari dalam mempunyai kelebihan memahami betul program PJOK yang akan dievaluasi dan tepat pada sasaran, sedangkan kekurangannya jika pelaksanaannya terburu-buru akan mendapatkan hasil yang tidak sempurna. Evaluator dari luar merupakan orang yang tidak terkait dari implementasi program PJOK yang memiliki kelebihan, dapat bertindak secara efektif selama evaluasi di PJOK dan mengambil kesimpulan sedangkan kekurangannya, orang yang dari luar PJOK tersebut belum memahami tentang program pembelajaran PJOK yang akan dievaluasi sehingga terjadi pemborosan waktu dan biaya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter