-->

RPP Kelas 4

Post a Comment

Rencana pelaksanaan pembelajaran Kelas 4, atau disingkat RPP Kelas 4, adalah pegangan seorang guru Kelas 4 dalam mengajar di dalam kelas. RPP Kelas 4 dibuat oleh guru Kelas 4 untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 4 berisi pengaturan yang berkenaan dengan perkiraan atau proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di Kelas 4, kemungkinan pelaksaan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah direncanakan ataupun tidak karena proses pembelajaran bersifat situasional, apabila perencanaan disusun secara matang maka proses dan hasil pembelajaran di Kelas 4 tidak akan jauh dari perkiraan.



Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP Kelas 4 dikembangkan dari silabus Kelas 4 untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik Kelas 4 dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar Kelas 4.

Download RPP Kelas 4 Semester 1 Kota Cimahi (on progress).

Download RPP Matematika Kelas 4 Semester 1 Kota Cimahi.

Download RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 1  Kota Cimahi.

Download RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 2  Kota Cimahi.

Download RPP Kelas 4 Tema 6 Subtema 3  Kota Cimahi.

Download RPP Kelas 4 Tema 7 Kota Cimahi. 

Download RPP Kelas 4 Tema 8 Kota Cimahi. 

Download RPP Kelas 4 Tema 9 Kota Cimahi. 

Download RPP Matematika Kelas 4 Semester 2 Kota Cimahi.

Berikut adalah penampakan RPP Kelas 4 yang dimaksud.

Penjelasan mengenai RPP Kelas 4 dapat Bapak/Ibu disimak pada video di bawah ini.

Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP Kelas 4 adalah rencana pembelajaran untuk Kelas 4 yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok Kelas 4 atau tema tertentu mengacu pada silabus Kelas 4.

Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP Kelas 4 adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka Kelas 4 untuk satu pertemua atau lebih. RPP Kelas 4 dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok Kelas 4 atau tema tertentu yang mengacu pada silabus Kelas 4 untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa Kelas 4 dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD) Kelas 4.

Setiap guru Kelas 4  pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP Kelas 4 secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran di Kelas 4 berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa Kelas 4. RPP Kelas 4 disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Pengembangan RPP Kelas 4 dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP Kelas 4 telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran di Kelas 4. Pengembangan RPP Kelas 4 dapat dilakukan oleh guru Kelas 4 secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.

Pengembangan RPP Kelas 4 mengikuti prinsip-prinsip berikut:

  • RPP Kelas 4 merupakan terjemahan dari ide kurikulum yang berdasarkan silabus Kelas 4 yang telah dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran Kelas 4 untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  • RPP Kelas 4 dikembangkan sesuai dengan yang dinyatakan dalam silabus Kelas 4 dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik Kelas 4, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, maupun gaya belajar siswa Kelas 4.
  • RPP Kelas 4 mendorong partisipasi aktif peserta didik Kelas 4.
  • RPP Kelas 4 sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik Kelas 4 yang mandiri dan tak berhenti belajar.
  • RPP Kelas 4 mengembangkan budaya membaca dan menulis siswa Kelas 4.
  • Proses pembelajaran dalam RPP Kelas 4 dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca siswa Kelas 4, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan.
  • RPP Kelas 4 memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedi, dan umpan balik siswa Kelas 4.
  • RPP Kelas 4 disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD Kelas 4, materi pembelajaran Kelas 4, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar di Kelas 4.
  • RPP Kelas 4 disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi siswa Kelas 4.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter