Rencana pelaksanaan pembelajaran PJOK, atau disingkat RPP PJOK, adalah pegangan seorang guru PJOK dalam mengajar di dalam kelas. RPP PJOK dibuat oleh guru PJOK untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PJOK berisi pengaturan yang berkenaan dengan perkiraan atau proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di PJOK, kemungkinan pelaksaan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah direncanakan ataupun tidak karena proses pembelajaran bersifat situasional, apabila perencanaan disusun secara matang maka proses dan hasil pembelajaran di PJOK tidak akan jauh dari perkiraan.
Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP PJOK dikembangkan dari silabus PJOK untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik PJOK dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar PJOK.
Download RPP PJOK Kelas 1 Semester 1 Kota Cimahi (on progress).
Download RPP PJOK Kelas 2 Semester 1 Kota Cimahi (on progress).
Download RPP PJOK Kelas 3 Semester 1 Kota Cimahi (on progress).
Download RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 Kota Cimahi (on progress).
Download RPP PJOK Kelas 5 Semester 1 Kota Cimahi (on progress).
Download RPP PJOK Kelas 6 Semester 1 Kota Cimahi (on progress).
Download RPP PJOK Kelas 1 Semester 2 Kota Cimahi.
Download RPP PJOK Kelas 2 Semester 2 Kota Cimahi.
Download RPP PJOK Kelas 3 Semester 2 Kota Cimahi.
Download RPP PJOK Kelas 4 Semester 2 Kota Cimahi.
Download RPP PJOK Kelas 5 Semester 2 Kota Cimahi.
Download RPP PJOK Kelas 6 Semester 2 Kota Cimahi.
Berikut adalah penampakan RPP PJOK yang dimaksud.
Penjelasan mengenai RPP PJOK dapat Bapak/Ibu disimak pada video di bawah ini.
Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP PJOK adalah rencana pembelajaran untuk PJOK yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok PJOK atau tema tertentu mengacu pada silabus PJOK.
Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP PJOK adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka PJOK untuk satu pertemua atau lebih. RPP PJOK dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok PJOK atau tema tertentu yang mengacu pada silabus PJOK untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa PJOK dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD) PJOK.
Setiap guru PJOK pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP PJOK secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran di PJOK berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa PJOK. RPP PJOK disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Pengembangan RPP PJOK dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP PJOK telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran di PJOK. Pengembangan RPP PJOK dapat dilakukan oleh guru PJOK secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.
Pengembangan RPP PJOK mengikuti prinsip-prinsip berikut:
- RPP PJOK merupakan terjemahan dari ide kurikulum yang berdasarkan silabus PJOK yang telah dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran PJOK untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
- RPP PJOK dikembangkan sesuai dengan yang dinyatakan dalam silabus PJOK dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik PJOK, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, maupun gaya belajar siswa PJOK.
- RPP PJOK mendorong partisipasi aktif peserta didik PJOK.
- RPP PJOK sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik PJOK yang mandiri dan tak berhenti belajar.
- RPP PJOK mengembangkan budaya membaca dan menulis siswa PJOK.
- Proses pembelajaran dalam RPP PJOK dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca siswa PJOK, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan.
- RPP PJOK memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedi, dan umpan balik siswa PJOK.
- RPP PJOK disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD PJOK, materi pembelajaran PJOK, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar di PJOK.
- RPP PJOK disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi siswa PJOK.
Post a Comment
Post a Comment