Silabus Kelas 4 merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar di Kelas 4. Silabus Kelas 4 dapat juga diartikan sebagai penjabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar Kelas 4 ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus menjadi seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar Kelas 4.
Dengan demikian, silabus Kelas 4 berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.
- Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik Kelas 4 melalui suatu kegiatan pembelajaran.
- kegiatan yang harus dilakukan di Kelas 4 untuk menanamkan kompetensi tersebut.
- Upaya yang harus dilakukan di Kelas 4 untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik Kelas 4.
- Silabus Kelas 4 dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun tertentu.
Download Silabus PLBJ Kelas 4.
Berikut adalah penampakan Silabus Kelas 4 yang dimaksud.
Penjelasan mengenai Silabus Kelas 4 dapat Bapak/Ibu disimak pada video di bawah ini.
Berikut ini adalah beberapa fungsi umum dari silabus, yaitu:
- Silabus Kelas 4 dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan buku siswa Kelas 4. Buku siswa Kelas 4 memuat tentang materi pelajaran, aktivitas peserta didik Kelas 4, dan evaluasi pembelajaran Kelas 4.
- Silabus Kelas 4 menjadi acuan dalam penyusunan rencana pembelajaran, untuk semua kajian mata pelajaran, atau pun pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian hasil pembelajaran di Kelas 4.
- Hasil pengembangan Silabus Kelas 4 dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru Kelas 4 melakukan pembelajaran.
Secara garis besar, silabus Kelas 4 mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar Kelas 4, indikator, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Hubungan logis antar berbagai komponen dalam silabus Kelas 4 dari setiap mata pelajaran merupakan langkah yang harus dipersiapkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.
Beberapa komponen yang harus ada dalam silabus Kelas 4 adalah sebagai berikut.
- Identitas Mata Pelajaran Kelas 4.
- Identitas Sekolah, memuat nama satuan pendidikan dan Kelas 4.
- Kompetensi Inti (KI), merupakan gambaran mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
- Kompetensi Dasar (KD) Kelas 4, merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.
- Indikator pencapaian kompetensi Kelas 4, adalah perilaku siswa Kelas 4 yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
- Materi Pokok Kelas 4, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedut yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi Kelas 4.
- Pembelajaran, adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik Kelas 4 untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
- Penilaian Kelas 4, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik Kelas 4.
- Alokasi Waktu Kelas 4, sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun di Kelas 4.
- Sumber belajar Kelas 4, dapat berupa buku Kelas 4, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan dengan siswa Kelas 4.
Post a Comment
Post a Comment