Silabus Pendidikan Agama Islam merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar di Pendidikan Agama Islam. Silabus Pendidikan Agama Islam dapat juga diartikan sebagai penjabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar Pendidikan Agama Islam ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus menjadi seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam.
Dengan demikian, silabus Pendidikan Agama Islam berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.
- Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik Pendidikan Agama Islam melalui suatu kegiatan pembelajaran.
- kegiatan yang harus dilakukan di Pendidikan Agama Islam untuk menanamkan kompetensi tersebut.
- Upaya yang harus dilakukan di Pendidikan Agama Islam untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik Pendidikan Agama Islam.
- Silabus Pendidikan Agama Islam dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun tertentu.
Download Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1
Download Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 2
Download Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 3
Download Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 4
Download Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 5
Download Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 6
Berikut adalah penampakan Silabus Pendidikan Agama Islam yang dimaksud.
Penjelasan mengenai Silabus Pendidikan Agama Islam dapat Bapak/Ibu disimak pada video di bawah ini.
Berikut ini adalah beberapa fungsi umum dari silabus, yaitu:
- Silabus Pendidikan Agama Islam dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan buku siswa Pendidikan Agama Islam. Buku siswa Pendidikan Agama Islam memuat tentang materi pelajaran, aktivitas peserta didik Pendidikan Agama Islam, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
- Silabus Pendidikan Agama Islam menjadi acuan dalam penyusunan rencana pembelajaran, untuk semua kajian mata pelajaran, atau pun pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian hasil pembelajaran di Pendidikan Agama Islam.
- Hasil pengembangan Silabus Pendidikan Agama Islam dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru Pendidikan Agama Islam melakukan pembelajaran.
Secara garis besar, silabus Pendidikan Agama Islam mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar Pendidikan Agama Islam, indikator, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Hubungan logis antar berbagai komponen dalam silabus Pendidikan Agama Islam dari setiap mata pelajaran merupakan langkah yang harus dipersiapkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.
Beberapa komponen yang harus ada dalam silabus Pendidikan Agama Islam adalah sebagai berikut.
- Identitas Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
- Identitas Sekolah, memuat nama satuan pendidikan dan Pendidikan Agama Islam.
- Kompetensi Inti (KI), merupakan gambaran mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
- Kompetensi Dasar (KD) Pendidikan Agama Islam, merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.
- Indikator pencapaian kompetensi Pendidikan Agama Islam, adalah perilaku siswa Pendidikan Agama Islam yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
- Materi Pokok Pendidikan Agama Islam, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedut yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi Pendidikan Agama Islam.
- Pembelajaran, adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Agama Islam untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
- Penilaian Pendidikan Agama Islam, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik Pendidikan Agama Islam.
- Alokasi Waktu Pendidikan Agama Islam, sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun di Pendidikan Agama Islam.
- Sumber belajar Pendidikan Agama Islam, dapat berupa buku Pendidikan Agama Islam, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan dengan siswa Pendidikan Agama Islam.
Post a Comment
Post a Comment